sekilas tentang wisanggeni  

Minggu, 26 Oktober 2008

Adalah tokoh pewayangan favorit saya. Bukan karena kesaktiannya yang menjadikan saya menyukainya tetapi karena sifatnyalah yang menjadikan saya kagum padanya. Wisanggeni selalu berbahasa ngoko kepada semua orang walaupun kepada dewa. Ini adalah falsafah bahwa sesungguhnya derajat manusia itu sama saja baik kaya, miskin, tua, muda, tuan dan budak. Tokoh Wisanggeni adalah suatu femomena yang ganjil dalam kebudayaan Jawa yang sangat feudal. Tak pernah mengenal rasa takut adalah salah satu sifatnya yang saya kagumi.

Lahir dari Dewi Dersanala, Wisanggeni adalah seorang anak dari Arjuna. Arjuna mendapatkan istri Dewi Dersanala, merupakan anak Bathara Brahma, ketika setelah ia berhasil membunuh Prabu Nirwatakawaca yang mencoba menyerang kahayangan. Tetapi kelahiran Wisanggeni tidak dikehendaki oleh para dewa sehingga Bathara Guru memerintahkan Bathara Brahma untuk membunuh Wisanggeni. Tetapi Wisanggeni tidak bisa dibunuh bahkan ia bertiwikrama menjadi api dan memporakporandakan kahayangan. Menyedihkan sekali bahwa Wisanggeni dianggap persona non grata oleh para dewa. Sungguh tidak adil tetapi Wisanggeni tidak pernah menyerah untuk melawan ketidakadilan walaupun harus berhadapan dengan kakeknya sendiri bahkan harus berhadapan dengan Sanghyang Jagad Giri Nata.

Wisanggeni digambarkan mempunyai kesaktian yang tiada tara. Dia bisa merubah menjadi api yang menyala-nyala, bisa terbang seperi Gathutkaca, bisa ambles bumi seperti Antareja, dan bisa hidup di air seperti Antasena. Dia selalu dilindungi oleh Sanghyang Pada Wenang sehingga para dewa tidak ada yang mampu mengalahkannya.

Karena kesaktian inilah ia dianggap menyalahi kodrat sehingga Prabu Kresna pada saat menjelang perang baratayuda meminta Wisanggeni dan Antasena untuk mati sebagai tumbal negara. Karena jika tidak maka Kurawa akan musnah bukan oleh Pandawa tetapi oleh mereka berdua. Ini yang menyalahi kodrat. Permintaan ini dipenuhi oleh kedua satria ini dengan tulus.

AddThis Social Bookmark Button


2 komentar: to “ sekilas tentang wisanggeni

 

Design by Amanda @ Blogger Buster